Webinar Prodi Manajemen “Adapt Pandemic With Innovation”

SLEMAN – Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Sosial Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta (Prodi Manajemenn FES Unjaya) menyelenggarakan Webinar dengan mengusung tema adaptasi bisnis melalui inovasi dan kreativitas bisnis dalam situasi pandemi Covid-19 pada Rabu, (29/09/21). Fenomena yang terjadi di lapangan saat ini adalah tidak sedikit usaha atau bisnis yang terdampak akibat pandemi menjadi bangkrut (gulung tikar), bertahan, maupun naik dan mencapai kesuksesan. Hal ini dapat dikarenakan tidak sedikit juga pelaku bisnis yang tidak mampu beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan yang terjadi. Webinar ini diharapkan mampu untuk memberikan masukan atau pencerahan kepada para mahasiswa dan peserta lainnya dalam rangka mempertahankan bisnis atau menjaga kelangsungan bisnis yang adaptif terhadap perubahan.

Dalam sambutan pembukaannya, Dekan FES Unjaya, Bapak Edhy Tri Cahyono, S.Si., M.M memberikan arahan kepada para peserta webinar untuk dapat belajar menjadi wirausahawan yang sukses. Keberhasilan atau kesuksesan bahkan kegagalan dalam berbisnis merupakan pengalaman yang sangat berharga untuk menjadi seorang wirausahawan. Namun yang perlu digaris bawahi, bahwapengalaman tersebut tidak serta merta harus dialami diri sendiri, namun kita juga dapat belajar dari pengalaman yang dimiliki orang lain.

Sedangkan dalam paparannya, Narasumber webinar ini, Bapak Husni Tanu Miharja yang juga merupakan founder Paksayur.com, sebuah Grocery Online yang saat ini memiliki 7000 user aktif  dan omset sebesar 200 juta per bulan menyampaikan bahwa titik awal Beliau menjadi wirausahawan diawali menjadi anggota HIPMI Surabaya. Ide awal beliau adalah membuat bisnis dengan produk yang visible dan futuristik untuk masyarakat. Tidak sedikit terjadi penolakan dari pihak lain yang menolak dan tidak yakin bahwa bisnis ini dapat berkembang di Surabaya, karena menurut riset masyarakat Surabaya belum berkembang seperti halnya di ibu kota. Namun, keyakinan beliau dalam mendirikan bisnis Paksayur.com ini sangat tinggi, sehingga setelah mengalami penolakan berulang kali akhirnya Paksayur.com ini mendapatkan pendanaan dari pihak eksternal, dimana pihak tersebut juga sangat yakin bahwa bisnis akan berkembang dengan baik mengingat bisnis ini sangat visible dan memiliki value yang tinggi di masa depan dengan perkembangan teknologi yang ada. Terbukti ketika terjadi pandemi Covid-19, Paksayur.com sangat diminati oleh masyarakat kelas menengah ke atas dan mencapai omset ratusan juta per bulannya. Pesan dari beliau dalam webinar ini adalah untuk mencapai kesuksesan dalam bisnis diperlukan networking, innovation, sensitivity, dan berani mengambil risiko.

Alhamdulillah, kegiatan webinar ini dapat berjalan dengan lancar. Acara tersebut ditutup oleh moderator Ibu Meta Bara Berutu, S. E., M. M. dengan membacakan beberapa kesimpulan, serta memberikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan berpartisipasi dalam webinar.[manajemen/kpp]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.