Webinar Kewirausahaan “Start Your Experience Be A Great Enterpreneur”

SLEMAN – Webinar yang memiliki tema kewirausahan merupakan program kerja Himpunan Mahasiswa Manajemen Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta. Webinar ini berjudul “Start Your Experience Be A Great Enterpreneur’. Webinar ini terselenggara dengan dukungan Dana Hibah Pemberdayaan Organisasi Mahasiswa LLDIKTI V Yogyakarta yang dilaksanakan pada Sabtu, (21/08/2021). Sesuai dengan judulnya bahwa webinar ini membahas mengenai bagaimana sebuah kebiasaan atau pengalaman mengubah seorang menjadi wirausahawan. Kewirausahaan merupakan bidang yang membahas mengenai suatu usaha. Seorang yang mengelola usaha dapat disebut dengan Wirausahawan. Untuk menjadi seorang wirausahawan harus memilik rancangan ide yang harus segera direalisasikan. Seperti quotes yang diberikan oleh Bapak Edhy Tri Cahyono (Dekan FES Unjaya) bahwa “Percuma idemu bagus kalau tidak direalisasikan”. Artinya ketika kita memiliki ide untuk membangun sebuah usaha harus segera dilaksanakan bukan hanya disimpan dikepala saja. Wirausahawan harus memiliki sifat yang berani dan pantang menyerah. Keberanian seorang wirausahawan juga menyangkut dengan keberanian mereka dalam menanggung resiko. Ketika seorang wirausahan berani mengambil keputusan untuk membangun sebuah usaha maka Ia juga harus menerima resikonya.

Ilmu kewirausahaan bisa kita dapatkan dari seorang yang berpengalaman dalam bidangnya atau dari buku-buku. Untuk Webinar kali ini kita mengundang dua narasumber yang hebat dalam bidang kewirausahaan. Narasumber pertama yaitu Bapak Bagus Aditya, MBA. Beliau merupakan seorang wirausahawan yang memiliki usaha dibidang makanan. Pak bagus memiliki usaha yaitu PT I’m Food dan juga selaku Konsultan bidang usaha di Aufson Consulting. Profil Pak Bagus memberikan gambaran bahwa beliau seorang pembisnis yang hebat. Narasumber  kedua yaitu Ibu Sadya Putri Anggarini, S.Si. Beliau merupakan Owner Gemini’s Sweet and Treats. Bu Sadya bukan berasal dari bidang wirausaha tetapi beliau merupakan lulusan matematika UGM. Beliau mendirikan toko rotinya bersama rekannya yang berawal dari hobi kemudian coba-coba hingga sekarang namanya sudah dikenal oleh banyak orang.

Pemaparan materi yang pertama yaitu tentang Entrepreneural Leadership, dengan narasumber Bapak Bagus Aditya, MBA. Beliau menjelaskan mengenai sikap yang harus dipenuhiuntuk menjadi seorang wirausaha, dan memberikan gambaran mengenai startups ideas seorang wirausaha. Adapun sikap yang harus dipenuhi diantaranya memiliki mental yang kuat, arah hidup yang jelas, kegigihan, anti pesimis, dan selalu menaikkan kapasitas. Untuk pemaparan materi yang kedua oleh Ibu Sadya Putri Anggarini, S.Si. Beliau menjelaskan mengenai bagaimana cara menjadi wirausahawan muda yang sukses, cara mengidentifikasi suatu masalah, serta cara mengembangkan usaha menjadi lebih kreatif. Selain itu beliau juga menceritakan pengalaman awal mula mendirikan usaha sampai sukses seperti sekarang ini. Setelah pemaparan dari kedua pemateri, adapun sesi tanya jawab dimana para peserta sangat antusias dalam mengajukan pertanyaan yang kemudian disampaikan oleh kedua narasumber sesuai dengan tema yang sedang dibahas.

Alhamdulillah, kegiatan webinar ini dapat berjalan dengan lancar. Acara tersebut ditutup oleh moderator dengan membacakan beberapa kesimpulan, serta memberikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan berpartisipasi dalam acara tersebut. Dari Webinar Kewirausahaan ini diharapkan ilmu yang didapat bisa memberikan manfaat dan menumbuhkan semangat bewirausaha, serta dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari khususnya di bidang wirausaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.