Perluas Sinergi, Unjaya Jalin Kerja Sama dengan Akademi Militer

MAGELANG – Dalam rangka pengembangan dan meningkatkan layanan dalam bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta (Unjaya) memperluas jalinan kerja sama dengan Akademi Militer (Akmil) yang ditandai dengan penanda tanganan naskah Memorandum of Understanding (MoU) antara Gubernur Akmil, Mayjen TNI Totok Imam Santoso, S.I.P., S.Sos., M.Tr.(Han)., dan Rektor Unjaya, Dr. Drs. Djoko Susilo S.T., M.T., IPU., bertempat di ruang Kerja Gubernur Akmil, Rabu (27/01/21).

Dalam sambutannya, Gebernur Akmil, Mayjen TNI Totok Imam Santoso, S.I.P., S.Sos., M.Tr.(Han)., menyampaikan bahwa Gubernur Akmil sangat sepakat kerja sama di bidang Pendidikan antara Akmil dan Unjaya ini saling menguntungkan saling mendorong, saling memberikan kontribusi positif dan saling kerjasama untuk kedepan lebih baik. Saat ini Akmil dituntut untuk menciptakan Perwira yang profesional dan memiliki ilmu terapan dalam keterampilan di bidang akademik (vokasi akademik). “Tentara tidak hanya jago perang dan menembak saja akan tetapi peningkatan profesionalisme dalam bidang kemiliteran dan akademik (terapan) juga perlu ditanamkan pada taruna di Akmil” lanjut Gubernur. Lebih lanjut Gubernur Akmil menyampaikan bahwa saat ini Akmil ingin mewujudkan Center of Excellence yaitu profesionalisme, akademis, dicintai masyarakat dan menjadi World Class Academy, maka dengan tuntutan tersebut, Akmil melakukan berbagai pengembangan dan jalinan kerja sama yang diawali dari daerah Magelang sampai Yogyakarta salah satunya dengan Unjaya.

Sedangkan dalam sambutannya, Rektor Unjaya, Dr. Drs. Djoko Susilo S.T., M.T., IPU., menyampaikan bahwa Unjaya mempunyai 3 Fakultas (Fakultas Ekonomi dan Sosial, Fakultas Teknik dan Teknologi Informasi, serta Fakultas Kesehatan) yang dapat dimanfaatkan secara bersama antara Akmil dan Unjaya dalam hal pertukaran informasi baik melalui kuliah tamu, seminar ataupun webinar, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. “Unjaya dan Akmil merupakan dua institusi dengan latar belakang TNI Angkatan Darat sehingga mempunyai kepedulian bersama dalam mencerdaskan kehidupan Bangsa dan tentunya bagi Keluarga Besar TNI Angkatan Darat” lanjut Rektor. Lebih lanjut Rektor Unjaya menambahkan bahwa Unjaya dan Yayasan Kartika Eka Paksi (YKEP) telah berkontribusi dalam pembangunan dan pengambangan TNI AD, salah satunya dengan memberikan potongan biaya pendidikan untuk putra dan putri Keluarga Besar TNI AD (KBAD) sebesar 10% di Fakultas Kesehatan (FKES), sebesar 25% di Fakultas Ekonomi dan Sosial (FES), dan sebesar 25% di Fakultas Teknik dan Teknologi Informasi (FTTI).

Menutup sambutannya, Rektor Unjaya berharap dengan ditandatanganinya MoU antara Unjaya dan Akmil ini akan dapat berdampak positif bukan hanya untuk kedua Institusi, namun juga untuk Keluarga Besar TNI AD, Masyarakat dan Bangsa Indonesia. [kpp]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.