Prodi Sistem Informasi (S-1)

Program Studi Sistem Informasi Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta didirikan atas dasar kebutuhan masyarakat khususnya di berbagai sektor mulai dari bisnis, pendidikan, pemerintahan dll terhadap keberadaan Sistem Informasi untuk mendukung kegiatan yang mereka lakukan sehari-hari. Pengembangan Sistem Informasi sebagai faktor kunci kesuksesan sebuah organisasi di zaman digital ini merupakan hal yang sudah tidak bisa dibantah lagi. Sehingga, lulusan Program Studi Sistem Informasi yang kompeten dan professional akan memiliki peranan yang sangat vital di berbagai sektor sehingga secara otomatis akan memiliki nilai tawar yang tinggi di pasar kerja.

Tahun 2025 menjadi penyelenggara prodi Sistem Informasi terkemuka di tingkat nasional yang professional, kreatif, inovatif, dan menjadi trend setter penelitian dan pengembangan serta pengajaran di bidang Sistem Informasi

  1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran bidang Sistem Informasi yang berorientasi pada kebutuhan pasar dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang komputer untuk menghasilkan lulusan yang berdaya saing global
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan yang mempunyai kontribusi pada bidang sistem informasi untuk mendukung kegiatan pendidikan dan pengajaran.
  3. Melaksanakan pengabdian pada masyarakat yang terkait dengan pengembangan maupun penerapan sistem informasi sebagai solusi ata permasalahan-permasalahan yang ada di masyarakat
  4. Melakukan kerjasama dengan instansi pemerintahan maupun swasta du dalam dan luar negeri.

Lulusan Program Studi Sistem Informasi diarahkan untuk menjadi seorang yang professional dan kompeten di bidang pengembangan sistem informasi secara umum di berbagai bidang mulai dari bisnis, pemerintahan, kesehatan, dll. Secara lebih khusus lulusan Sistem Informasi Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta akan dibekali dengan spesialisasi kemampuan di bidang kecerdasan bisnis (business intelligence) serta e-bisnis dan sistem enterprise yang merupakan sub-bidang dari pengembangan sistem informasi yang saat ini dan beberapa tahun kedepan akan menjadi trend di dunia sistem informasi, sehingga lulusan yang memiliki salah satu atau kedua kemampuan khusus tersebut akan menjadi lulusan yang banyak dicari di pasar kerja.

Lulusan Program Studi Sistem Informasi dapat bekerja di berbagai sektor, baik instansi pemerintahan maupun swasta di berbagai jenis industri sebagai pengembang, penguji, arsitek, maupun disainer system informasi.Terbuka pula peluang untuk menjadi team leader, project manager, maupun posisi executive pada proyek-proyek pengembangan sistem informasi.Secara lebih spesifik, lulusan Program Studi Sistem Informasi STMIK Jenderal Achmad Yani Yogyakarta akan dididik untuk menjadi seorang analis bisnis/sistem informasi, pengembang sistem informasi, perekayasa di bidang kecerdasan bisnis serta perekayasa di bidang e-bisnis. Dengan bekal ketrampilan yang dimiliki, lulusan juga dapat berkarya secara mandiri di dunia industri perangkat lunak, khususnya perangkat lunak sistem informasi.

Gambaran Kurikulum Program Studi Sistem Informasi

Saat ini dan dalam beberapa tahun kedepan, arah industri sistem informasi akan tertuju ke beberapa hal, dua diantaranya adalah pemanfaatan data mining dan kecerdasan buatan untuk mendukung terciptanya sistem informasi berperforma tinggi, serta pengembangan sistem berorientasi layanan untuk mendukung fungsi e-bisnis.  Kurikulum Program Studi Sistem Informasi salah satunya untuk mengakomodasi dua arah pengembangan tersebut. Kurikulum Program Studi Sistem Informasi didesain denganpekankan  pada kemampuan  individu  dalam  merancang,  mengembangkan,  dan menerapkan  sistem  informasi  organisasi  sebagai  aset  utama  organisasi, mencakup di antaranya:

  1. Fokus  pada  teknik  mengintegrasikan  solusi  teknologi  informasi dengan  proses  bisnis  agar  kebutuhan  organisasi  akan  informasi dapat terpenuhi;
  2. Menekankan  pada  informasi  sebagai  sebuah  sumber  daya  penting dalam  berproduksi,  terutama  dalam  kaitan  kebutuhan  korporasi dalam pencapaian visi dan misi yang dicanangkan.
  3. Mempelajari  aspek  penting  bagaimana  informasi  diciptakan, diproses,  dan  didistribusikan  ke  seluruh  pemangku-kepentingan dalam institusi.
  4. Kurikulum  ditekankan  pada  bagaimana  memastikan  agar  teknologi dan  sistem  informasi  yang  dimiliki  selaras  dengan  strategi  bisnis perusahaan,  agar  dapat  tercipta  keunggulan  kompetitif  dalam bersaing (the value of information technology to the business). Topik-topik yang dipelajari meliputi pemrograman komputer dan proses pengembangan perangkat lunak sistem informasi, topic-topik terkait dengan bisnis dan organisasi, topik-topik tentang kecerdasan buatan dan penerapannya dalam sistem informasi dan dunia bisnis, topik-topik terkait dengan statistika dan matematika yang terkait dengan topik kecerdasan buatan, topik-topik terkait dengan pengembangan sistem informasi berskala besar (entereprise), dan lain sebagainya. Dalam proses perkuliahan mahasiswa juga akan diajak untuk terjun langsung dalam proyek pengembangan sistem informasi untuk membekali mahasiswa dengan pengalaman praktis yang akan sangat berguna jika nanti terjun ke dunia industri sistem informasi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.