Unjaya Bekali Kesehatan Jiwa Remaja PMR PMI Kulon Progo

SLEMAN-Bertempat di Ruang Aphitheater Kampus 2 Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta (Unjaya), dilaksanakan kegiatan Lokakarya Membangaun Kesehatan Jiwa Remaja yang diikuti perwakilan Palang Merah Remaja (PMR) Palang Merah Indonesia Kabupaten Kulon Progo pada Selasa, (17/5/2022). Kegiatan ini merupakan hasil kerja sama antara Unjaya dan PMI Kulon Progo dan diikuti oleh 42 orang anggota dan 3 pendamping PMR PMI Kulon Progo yang dibuka langsung oleh dr. Niken Sudarningtyas (Pengurus bidang SDM PMI Kulon Progo) dan B.T. Sutrisno SP., S.Kom., M.Kom., (Kabiro KPP Unjaya). Adapun pemateri dalam kegiatan ini adalah Ibu Rizqi Wahyu Hidayati, S.Kep.,Ns.,M.Kep., yang merupakan Dosen Keperawatan Jiwa Prodi Keperawatan Fakultas Kesehatan Unjaya dan Jumali, S.Ag., yang merupakan salah satu praktisi Relawan di Yogyakarta, dan dipandu oleh Suwarno, MNS., yang merupakan Kabap Kerja Sama Unjaya.

Dalam sambutannya, dr. Niken mengucapkan terima kasih atas kesediaan Unjaya memfasilitasi para anggota PMR PMI Kulon Progo dalam berkegiatan, khususnya pasca pandemi. “Terima kasih dan semoga kerja sama ini terus berlanjut di kegiatan selanjutnya” tuturnya. Sedangkan dalam sambutannya, Kabiro KPP Unjaya mengucapkan selamat datang di Unjaya, dan berharap para peserta dapat memanfaatkan materi yang nanti disampaikan, serta mengabarkan kepada rekan-rekannya di Sekolah tentang Unjaya dengan berbagai keunggulannya sebagai salah satu Perguruan Tinggi milik Yayasan Kartika Eka Paksi (YKEP) TNI Angkatan Darat.

Dalam paparan materinya berjudul “Psikososial Remaja”, Pemateri pertama, Rizqi Wahyu Hidayati, S.Kep.,Ns.,M.Kep., menjelaskan bahwa masa remaja adalah masa yang cukup rentan akan ganggunan mental baik dari faktor interal maupun eksternal. Oleh karenanya penting bagi para remaja masa kini untuk meningkatkan rasa kepedulian dalam diri masing-masing.  Sedangkan materinya yang berjudul “Kepalangmerahan : Peran Palang Merah dalam Pembinaan Generasi Muda” Pemateri kedua, Jumali, S.Ag., menyampaikan bahwa motivasi masuk dalam organisasi PMR harus datang dari diri sendiri. “PMR sebagai generasi muda adalah calon pemimpin dimasa depan. Dengan  turut serta dalam kegiatan yang ada di PMR, maka secara tak langsung juga sudah meningkatkan rasa peduli, simpati dan empati dalam diri untuk membantu sesama yang mana hal tersebut adalah sifat yang dibutuhkan oleh setiap pemimpin” tegasnya. lebih lanjut juga dipaparkan oleh Jumali, S.Ag dimana ketika salah satu anggota menanyakan mengenai bagaimana cara meningkatkan minat para siswa dimasa pandemi dalam mengikuti organisasi PMR dan turut andil didalamnya. Beliau menjelaskan “Salah satu cara efektif yang bisa dilakukan adalah dengan mengadakan webinar-webinar secara daring, meskipun kita tengah berada pada masa pandemi namun tidak berarti mengurangi rasa semangat kita dalam menggali lebih jauh pengatahuan mengenai keterampilan hidup sehat yang termasuk dalam salah satu fungsi dari PMR” sambungnya.

Dengan dialaksanakannya acara ini, diharapkan dapat mempererat jalinan kerjasama yang baik antara Unjaya dan PMI Kulon Progo dibidang pendidikan dan pengabdian.[lts/kpp]

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.