Unjani Yogyakarta Selenggarakan Pelatihan Klinik Proposal

SLEMAN – Bertempat di Gedung Serbaguna Fakultas Kesehatan Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta, diselenggarakan kegiatan Klinik Proposal hasil kerjasama antara LPPM, PPPM, dan Perpustakaan Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.  Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas proposal penelitian dan meningkatkan peluang proposal tersebut lolos untuk mendapatkan hibah. Pelaksanaan kegiatan Klinik Proposal terbagi menjadi 3 gelombang yaitu: Gelombang I yang dilaksanakan pada 2 s.d 3 November 2018, Gelombang II, dilaksanakan pada 9 s.d 10 November 2018, dan Gelombang III yang dilaknakan pada 23 s.d 24 Novemver 2018 dengan menghadirkan dua orang pemateri, yaitu Dr. Teguh Setiawan, M.Hum dari Universitas Negeri Yogyakarta sebagai pemateri 1, dan Hanung Adi Nugroho, Ph.D dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta sebagai pemateri 2.

Secara simbolis, pelatihan klinik proposal dibuka oleh Rektor Unjani Yogyakarta, Dr. Drs. Djoko Susilo., ST., MT., pada Jumat (2/11/2018) yang kemudian memberikan arahan agar terlaksananya klinik proposal ini akan meningkatkan publikasi dosen di kancah nasional maupun internasional sehingga dapat berguna baik untuk Pribadi Dosen, maupun Institusi.

Dalam paparannya,  Dr. Teguh Setiawan, M.Hum selaku pemateri 1 menyampaikan materi tentang tips dan trik menghindari plagiarisme, serta teknis parafrase dan pengutipan, dimana plagiarisme dapat dihindari dengan cara pengutipan, parafrase, dan perujukan secara tepat dan jujur. Sedangkan Hanung Adi Nugroho, Ph.D. selaku pemateri 2 menyampaikan materi tentang Strategi penyusunan proposal hibah, yang dilanjutkan dengan praktik menyusun proposal hibah dengan grup riset sampai penulisan ide proposal pada template yang disediakan. Sedangkan pada hari kedua dilanjutkan dengan praktik penyusunan grup riset, diskusi, serta presentasi rencana penelitkan masing-masing grup yang selanjutnya akan dievaluasi oleh narasumber.

Pelatihan klinik proposal ini diiikuti kurang lebih 40 orang yang terdiri dari seluruh dosen Unjani Yogyakarta, serta diikuti oleh beberapa dosen institusi pendidikan lain yang berasal dari STTA, Stikes Bethesda, dan Stikes Akbid Yogyakarta. Dengan pelatihan ini diharapkan dapat memacu dosen untuk meningkatkan peluang mendapatkan hibah penelitian. [ewd/kpp]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.