JAKARTA – Tim pendanaan Calon Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (CPPBT) Fakultas Teknik dan Teknologi Informasi Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta yang beranggotakan Muhammad Rifqi Ma’arif, S.T., M.Eng., Muhammad Habibi, S.Kom., Aris Wahyu Murdiyanto, S.Kom., M.Cs., dan Puji Winar Cahyo, S.Kom., M.Cs. mengikuti Pameran Inovator Inovasi Indonesia Expo (I3E) 2019 yang belangsung di Hall B Jakarta Convention Center (JCC), pada tanggal 3 s.d. 6 Oktober 2019. Pameran ini menyajikan 404 produk/inovasi terbaik yang terdiri dari 132 produk/inovasi dari program hibah pendanaan CPPBT, 249 hasil produk/inovasi dari program hibah pendanaan Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT), dan 23 produk/inovasi dari pendanaan Inovasi Industri yang semuanya merupakan hasil karya anak negeri dari 26 Propinsi dengan 8 bidang, dimana tim CPPBT FTTI Unjani Yogyakarta fokus pada bidang Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK). Kegiatan Pameran I3E 2019 dibuka langsung oleh Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D., Ak. menyampaikan bahwa kegiatan ini sudah dimulai sejak tahun 2015 dan menjadi agenda tahunan. Tema yang diangkat pada kegiatan kali ini adalah Startup Teknologi dan Inovasi Industri Meningkatkan Daya Saing Bangsa. Dalam sambutannya, Menristekdikti menyampaikan kemajuan peradaban dari suatu Bangsa akan dapat dicapai jika komitmen pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas menjadi satu target pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDG).
Dalam pameran I3E 2019, tim CPPBT FTTI Unjani Yogyakarta menampilkan produk Medi@n Analytics menempati stand TIK-G-14. Produk Medi@n Analytics merupakan sebuah platform berbasis web yang menyediakan layanan untuk melakukan monitoring dan analisis terhadap percakapan pengguna media sosial lintas platform yang bisa diakses di www.media-analytics.com. Insight yang didapatkan dari analisis media sosial memberikan manfaat yang begitu besar khususnya periset sosial dalam melakukan akusisi dan pengolahan data untuk kepentingan penelitiannya. Namun, dengan jumlah unggahan yang sangat banyak serta pertambahannya yang cepat, hal tersebut mustahil dilakukan dengan cara manual tanpa bantuan alat bantu berbasis komputer. Menjawab kebutuhan tersebut, Medi@n Analytics hadir sebagai sebuah platform aplikasi berbasis web yang menyediakan layanan untuk akuisisi data, pembersihan dan warehousing data serta analisis dan monitoring data sosial media. Medi@n Analytics secara umum dikembangkan dengan platform teknologi big data untuk proses akuisisi dan repositori data serta kecerdasan buatan untuk mendukung analisis data media sosial. Keunggulan dari produk ini adalah pada fitur analisis data media sosial yang lengkap dan didukung dengan algoritma yang sudah terbukti secara ilmiah. Lebih jauh, produk ini juga menawarkan inovasi berupa on-demand analytic, dimana pengguna bisa melakukan konfigurasi proses akuisisi dan pemrosessan data media sosial sesuai dengan kebutuhan pengguna tersebut. Medi@n Analytics ini menyasar potensi pasar periset yang memiliki populasi yang cukup besar mulai dari mahasiswa, dosen, sampai professional researcher yang membutuhkan data dan insight dari media sosial. [rifqi/kpp]