Profil Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta

Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta merupakan Lembaga Pendidikan di bawah naungan Yayasan Kartika Eka Paksi (YKEP) hasil penggabungan Sekolah Tinggi Imu Kesehatan (Stikes) dan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (Stmik) Jenderal Achmad Yani Yogyakarta berdasarkan Surat Keputusan Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi Nomor 166/KPP/I/2018 tanggal 2 Februari 2018 dan diresmikan oleh Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono pada 26 Maret 2018. Dengan berprinsip pada “Kampus Kejuangan” dan seiring dengan visi YKEP di bidang pendidikan yaitu “Tersedianya Lembaga Pendidikan Yang Mandiri, Terpercaya, Memiliki Keunggulan Kompetitif dan Menerapkan Tata Kelola Yang Baik Serta Mewarisi Jiwa/Semangat Kejuangan Jenderal Achmad Yani”, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta memiliki dua kampus yaitu. Kampus 1 yang berlokasi di Jl. Siliwangi, Ringroad Barat, Banyuraden, sedangkan Kampus 2 berlokasi di Jl. Brawijaya, Ringroad Barat, Ambarketawang dimana keduanya berada di Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta yang dilengkapi dengan ruang kuliah yang representatif, laboratorium berstandar internasional, dan didukung berbagai fasilitas penunjang pendidikan diantaranya: laboratorium komputer, laboratorium CBT, asrama mahasiswi, masjid, area olah raga, hotspot area, dan berbagai kerjasama baik dalam dan luar Negeri untuk mendukung pengembangan Akademik, penelitian dan praktik mahasiswa. Program Studi di Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta telah terakreditasi Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes) dan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), dimana untuk Insitusi telah terakreditasi dengan peringkat B berdasarkan SK BAN-PT Nomor: 394/SK/BAN-PT/Ak-PNB/PT/IX/2019.

Identitas Akademik

Lambang Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta bernama “Aditya Mahatma Daksa”. Bentuk lambang perisai segi lima dengan tata warna hijau, merah, putih, dan Kuning, yang berlukiskan lambing Kartika Eka paksi, daun, bunga dan seloka dengan tulisan ”Aditya Mahatma Daksa”, dan bertuliskan Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta. Arti dan makna lambang adalah: perisai segi lima mengandung makna wawasan ilmu pengetahuan dan teknologi yang bersifat global dan dijiwai Pancasila.Tata warna hijau melambangkan kedamaian/keceriaan, merah melambangkan berani dan Putih adalah Kesucian/kebersihan hati.Lambang Kartika Eka Paksi mengandung maknakeluhuran bangsa dan negara, Patriotisme, kedisiplinan dan loyalitas. Daun melambangkan pertumbuhan dan Pengembangan. Bunga yang sedang mekar mengandung makna tunas bangsa yang sedang mekar, mengharumkannama Bangsa dan Negara. Sedangkan Seloka dengan tulisan ”Aditya Mahatma Daksa” mengandung arti: Aditya adalah pandai dan bijaksana. Mahatma berarti berjiwa besar, dan Daksa mengandung arti cakap dan ahli.

Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta adalah salah satu Perguruan Tinggi dibawah naungan Yayasan Kartika Eka Paksi Angkatan Darat, yang menjadikan nilai-nilai semangat, karakter dan kepahlawanan Jenderal Achmad Yani sebagai inspirasi dan landasan moral dalam membangun bangsa, ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa. Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta senantiasa bekerja dengan prinsip mengedepankan nilai-nilai patriotisme, kedisiplinan dan loyalitas, yang dijiwai Pancasila sebagai landasan untuk membentuk insan-insan yang pandai, bijaksana, cakap dan ahli dibidangnya sesuai tuntutan perkembangan imu pengetahuan dan teknologi yang bersifat global. Melalui penciptaan suasana kehidupan lembaga yang damai, percaya diri, keceriaan, kesucian dan kebersihan hati, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta bertekad terus maju, tumbuh, mekar dan berkembang menjadi Universitas unggul sebagai tunas bangsa, berperan aktif memberikan kontribusi positif dalam membangun demi kemajuan dan keharuman bangsa dan negara Indonesia.

Laporan Keuangan Tahun 2018

Laporan Pertanggungjawaban Tahun 2018

Visi

Menjadi Universitas unggul dan terdepan yang mandiri, terpercaya, kompetitif dan memiliki tata kelola yang baik di tingkat Nasional tahun 2037 serta mewarisi nilai-nilai kejuangan Jenderal Achmad Yani.

Misi

  1. Melaksanakan pendidikan yang bermutu dan responsif terhadap kemajuan ilmu dan teknologi.
  2. Melaksanakan kegiatan penelitian yang unggul di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan budaya bangsa, dan menghasilkan produk-produk inovasi berbasis teknologi.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang berdaya guna dan berhasil guna.
  4. Melakukan kerja sama yang berkelanjutan dengan stakeholder untuk mewujudkan daya saing global.
  5. Menyelenggarakaan dan mengembangkan manajemen yang baik dan mandiri (Good University Governance).
  6. Mendalami dan mengembangkan nilai-nilai kejuangan Jenderal Achmad Yani untuk diterapkan oleh sivitas akademika dan pendukungnya

Tujuan

  1. Mewujudkan proses pembelajaran yang responsif terhadap persaingan global.
  2. Menguatkan kegiatan penelitian dalam persaingan global.
  3. Menguatkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berdaya guna dan berhasil guna.
  4. Meningkatkan jaringan kerjasama untuk mendukung terlaksananya penyelenggaraan pendidikan yang berdaya saing global.
  5. Menguatkan tata kelola untuk mewujudkan Good University Governance.
  6. Mewujudkan nilai-nilai kejuangan Jenderal Achmad Yani dalam pelaksanaan tridharma perguruan tinggi

Statuta

Sasaran Strategis

Tahapan Sasaran Capaian
2018 – 2022
  1. Terwujudnya sistem tata kelola perguruan tinggi yang sehat (Good University Governance) dengan didukung sistem informasi manajemen berbasis IT
  2. Terbentuknya struktur organisasi dan tata kelola yang kredibel, akuntabel, transparan,
  3. Peningkatan kuantitas SDM dan sarana prasarana
  4. Peningkatan kuantitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat
  5. Penguatan mutu internal
2023 – 2027
  1. Unjani Yogyakarta masuk peringkat 10 Universitas swasta terbaik di Yogyakarta
  2. Terlaksananya sistem pembelajaran aktif yang dapat mendukung daya saing lulusan
  3. Peningkatan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat
  4. Internalisasi nilai-nilai kejuangan Jenderal Achmad Yani dalam kehidupan kampus
2028 – 2032
  1. Unjani Yogyakarta terakreditasi A oleh BANPT
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki daya saing di level nasional
  3. Peningkatan mutu penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di level nasional
  4. Internalisasi nilai-nilai kejuangan Jenderal Achmad Yani dalam kehidupan di dalam kampus dan di luar kampus
2033 – 2037
  1. Unjani Yogyakarta terstandarisasi ISO 21001: 2018
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki daya saing di level internasional
  3. Peningkatan HKI dan Paten
  4. Menampilkan nilai-nilai kejuangan Jenderal Achmad Yani dalam kehidupan sehari-hari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.