Prodi Teknik Industri (S-1)

Teknik Industri adalah suatu bidang multdisiplin yang menggabungkan ilmu teknik/rekayasa dengan ilmu sosial dan manajemen untuk proses perancangan dan pengelolaan elemen-elemen industri seperti manusia, mesin, metode, dan material menjadi sebuah sistem terintegrasi untuk mendukung proses-proses produksi baik itu produksi barang maupun jasa. Karir yang dapat ditempuh seorang mahasiswa teknik industri setelah lulus adalah production engineers, supply chain managers, operation analysts, quality engineers, and information system analysts. Bidang yang digeluti juga sangat luas, segala macam bisnis, perusahaan, maupun pemerintahan yang menginginkan peningkatan kinerja dan mengurangi biaya membutuhkan seorang teknik industri. Selain itu juga, banyak lulusan teknik industri yang membuat usaha sendiri maupun masuk ke dalam konsultan.
Program Studi (Prodi) Teknik Industri di Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta yang berada di bawah dan Fakultas Teknik dan Teknologi Informasi berfokus pada perancangan dan pengelolaan sistem terintegrasi untuk optimalisasi proses produksi yang melibatkan manusia, mesin, dan teknologi informasi/komputer. Kurikulum Prodi Teknik Industri Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta dirancang untuk ditempuh selama 4 tahun (8 semester) yang nantinya akan menjadikan lulusan Prodi Teknik Industri Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta menjadi seorang yang professional dan berkompeten untuk mengelola proses produksi barang maupun jasa di berbagai jenis industri baik skala kecil, menengah, maupun skala besar. Di tahun pertama mahasiswa akan mempelajari hal-hal yang menjadi dasar keilmuan keteknikan industri seperti pengantar Teknik Industri, Mekanika Teknik, Perancangan Sistem Industri, Pemrograman Komputer, dlsb. Di tahun kedua mahasiswa akan mempelajari materi-materi tingkat menengah yang akan memberikan mahasiswa pengetahuan dan ketrampilan praktis di sektor industri secara umum seperti Sistem Produksi, Proses Manufaktur, Optimasi Industri, Rekayasa Sistem Kerja, Ergonomi dan Keselamatan Kerja, Perencanaan dan Pengendalian Proses Produksi, dlsb. Mahasiswa juga akan mulai mendapatkan pengetahuan dan ketrampilan yang lebih lanjut mengenai teori dan implementasi penerapan Teknologi Informasi dalam keteknikan Industri. Di tahun ketiga, mahasiswa mahasiswa akan mulai diarahkan untuk mengambil spesialisasi/konsentrasi khusus untuk materi tingkat lanjut. Spesialisasi/konsentrasi di Prodi Teknik Industri Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta terbagi menjadi dua yakni konsentrasi studi Sistem Logistik dan Supply Chain, serta Konsentrasi Sistem dan Proses Produksi. Di tahun keempat mahasiswa akan diterjunkan ke lapangan untuk magang kerja guna mendapatkan pengalaman industri yang sebenarnya serta mengerjakan tugas akhir.


Hal khusus dari Prodi Teknik Industri Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta adalah selain mendapatkan pengajaran yang terkait dengan kompetensi dasar di bidang Teknik Industri, mahasiswa juga akan mendapatkan pengajaran lebih mengenai hal-hal yang terkait dengan proses otomasi industri berbasis komputer yang tentunya akan menjadi nilai tambah bagi profil lulusan. Teknologi Informasi saat ini dan kedepan akan menjadi trend di berbagai bidang, tak terkecuali Teknik Industri, sehingga lulusan yang memiliki ketrampilan IT yang baik akan menjadi incaran di pasar kerja. Beberapa spesialisasi yang akan diberikan kepada mahasiswa Teknik Industri Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta diantaranya adalah perancangan dan implementasi Industrial Sensor Network berbasis Internet of Things, Embeded System, Robotika, Mekatronika, Sistem Cerdas Terapan, dan Rekayasa Perangkat Lunak untuk mendukung proses optimasi produksi. Selain hal-hal yang bersifat teoritikal, di Prodi Teknik Industri Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta juga akan dibekali dengan kemampuan praktis dengan dukungan fasilitas laboratorium berbasis teknologi informasi yang didesain khusus untuk perancangan dan implementasi sistem terintegrasi.

Menjadi penyelenggara Program Studi Teknik Industri berbasis Teknologi Informasi bertaraf Internasional yang unggul serta inovatif

  1. Menyelenggarakan proses pendidikan keteknikan Industri yang berkualitas serta berorientasi kepada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kebutuhan masyarakat dan dunia industri.
  2. Melaksanakan penelitian yang kreatif, kontributif dan kontinyu dalam bidang Teknikan Industri khususnya dalam bidang penerapaan Teknologi Informasi dalam keteknikan industri.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat khususnya dalam pengembangan dan penerapan teknologi tepat guna yang menjadi kompetensi bidang Teknik Industri
  4. Mengembangkan mental kewirausahaan berbasis teknologi (technopreneruship) bagi civitas akademik Program Studi Teknik Industri Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta

Profil lulusan Program Studi Teknik Industri Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta adalah “Seorang professional berjiwa enterpreneur yang memiliki kompetensi mengelola sumber daya industri untuk keunggulan bersaing serta memiliki nilai tambah dalam pengetahuan dan ketrampilan di bidang Teknologi Informasi”. Lulusan Program Studi Jenderal Achmad Yani Yogyakarta bisa bekerja di berbagai sektor industri mulai dari skala kecil sampai skala besar sebagai manajer maupun engineer. Lulusan Program Studi Jenderal Achmad Yani Yogyakarta juga bisa bekerja di sektor pemerintahan sebagai tenaga ahli untuk mendukung pengambilan kebijakan. Selain itu, dengan bekal jiwa enterpreneurship yang ditanamkan, lulusan dapat membuka usaha sendiri khususnya di bidang automasi industri berbasis teknologi informasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.