Prodi Sistem Informasi (D-3)

Program Studi (Prodi) Sistem Informasi (D-3) memberikan pengetahuan, pemahaman dan kompetensi praktis untuk menghasilkan tenaga ahli profesional yang kompetitif, inovatif dan adaptif terhadap perkembangan teknologi dalam bidang manajemen informatika. Fokus dari program studi ini adalah pengembangan sistem informasi bisnis berbasis mobile. Cakupan pendidikan yang diberikan meliputi pemahaman konsep dasar hingga kompetensi praktis pengembangan sistem informasi bisnis berbasis mobile yang selalu beradaptasi terhadap perkembangan teknologi terbaru. Prodi Sistem Informasi (D-3) siap menghasilkan tenaga kerja profesional di bidang pengembangan sistem informasi bisnis dengan kompetensi mobile development, web development, database engineering, dan UI/UX design yang mampu berinovasi, kreatif, dan bersaing dengan dunia kerja nasional dan internasional.

Menjadi penyelenggara Program Studi Sistem Informasi (D-3) yang unggul dalam bidang pengembangan sistem informasi bisnis berbasis mobile pada tahun 2038.

  1. Menyelenggarakan pembelajaran bidang sistem informasi bisnis berbasis mobile yang adaptif terhadap perkembangan teknologi informasi.
  2. Menyelenggarakaan kegiatan penelitian sebagai peran kontribusi dalam pengembangan ilmu sistem informasi bisnis dan pengembangan mobile system.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat guna mendorong masyarakat dalam peningkatan pemahaman sistem informasi bisnis berbasis mobile.
  4. Menjalin kerjasama dengan stakeholder untuk menjaga kesinambungan antara proses pembelajaran yang dilaksanakan dengan kebutuhan pasar.
  1. Menghasilkan lulusan berdaya saing global dalam bidang sistem informasi bisnis berbasis mobile yang adaptif terhadap perkembangan teknologi informasi.
  2. Menghasilkan kegiatan penelitian yang mempunyai kontribusi dalam pengembangan ilmu sistem informasi bisnis dan pengembangan mobile system.
  3. Menghasilkan kegiatan pengabdian masyarakat yang dapat mendorong masyarakat dalam peningkatan pemahaman sistem informasi bisnis berbasis mobile
  4. Menghasilkan kerjasama dengan stakeholder yang dapat menjaga kesinambungan antara proses pembelajaran yang dilaksanakan dengan kebutuhan pasar.

Profile Pekerjaan Lulusan

Lulusan Prodi Sistem Informasi (D-3) Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta memiliki peluang karir yang sangat luas baik di instansi pemerintah, perusahaan swasta maupun menjadi seorang technopreneur. Posisi kerja yang dapat ditempati antara lain: Mobile Application Developer, Web developer, Database Engineer, dan UI/UX Designer.

PROFIL DESKRIPSI
Mobile Application Developer Orang yang mempunyai kemampuan untuk mengembangkan aplikasi mobile untuk mendukung Sistem Informasi.
Web Developer Orang yang mempunyai kemampuan mengembangkan sistem informasi berbasis web.
Database Engineer Orang yang mempunyai kemampuan perancangan dan implementasi database serta integrasi ke dalam Sistem Informasi Mobile.
UI/UX Designer Orang yang mempunyai kemampuan untuk mendesain antarmuka dan menyediakan aset-aset antarmuka dalam pengembangan sistem informasi berbasis web dan aplikasi mobile.

Gambaran Umum Perkuliahan

Prodi Sistem Informasi (D-3) Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta memberikan pendidikan yang meliputi pemahaman konsep dasar hingga kompetensi praktis pengembangan sistem informasi bisnis berbasismobile. Mata kuliah yang dipelajari adalah tentang pengembangan aplikasi mobile dari tahap awal perancangan aplikasisampai denganpublish aplikasi. Target level dari lulusan adalah mencapai level Expert Mobile Development. Untuk menambah kemampuan dalam bidang pengembangan sistem dan aplikasi serta mendukung pengembangan sistem informasi berbasis mobile, mahasiswa juga diberikan mata kuliah tentang pengembangan web, database dan UI/UX Designer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.