Prodi Rekam Medis dan Infokes (D-3)

Tenaga rekam medis dan informasi kesehatan  mempunyai peranan yang sangat strategis dalam pengumpulan, pengolahan, penyajian informasi kesehatan yang sangat dibutuhkan dalam pengambilan keputusan kebijakan diberbagai tatanan pelayanan kesehatan. Disadari bahwa saat ini di Indonesia, angka harapan hidup masih sangat rendah, dimana angka tersebut merupakan salah satu indikator penting dari keberhasilan program pembangunan kesehatan. Melihat keadaan tersebut perlu angkah-langkah strategis dalam mengatasi permasalahan tersebut baik dari provider maupun dari masyarakat. Dari aspek provider langkah yang ditempuh yang berdampak cukup efektif adalah dengan peningkatan kualitas tenaga pelayanan kesehatan khususnya pelayanan  tenaga perekam medis dan informasi kesehatan.

Pergeseran paradigma baru rekam medis yang dinamakan sebagai manajemen informasi kesehatan (MIK) merupakan dampak positif dari revolusi teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Revolusi teknologi informasi dalam dasa warsa ini sangat berdampak pada perkembangan dan perubahan konsep dan tata cara berkomunikasi. Hal ini membawa pengaruh yang besar bagi setiap tata nilai kehidupan dan pengetahuan ternmasuk dalam dunia kesehatan, khususnya dalam manajemen rekam medis dan informasi kesehatan. Dengan adanya paradigma baru MIK, maka dibutuhkan praktisi-praktisi MIK yang harus mengerti tentang peranannya yg besar dalam dunia pelayanan kesehatan.

Menjadi Program Strudi yang Unggul dan Terdepan dalam penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi di bidang rekam medis dan informasi kesehatan yang profesional dan mampu bersaing di era global.

Keunggulan Prodi RMIK (D-3) dalam bidang Coding dan RME (Rekam Medis dan Informasi Kesehatan)

Mampu bersaing secara global diartikan bahwa kegiatan tri dharma UNJANI Yogyakarta menghasilkan kualitas lulusan yang lebih tinggi dibandingkan dengan Prodi RMIK di Institusi lain.

  1. Menyelenggarakan program pendidikan di bidang rekam medis dan informasi kesehatan secara profesional yang bermutu, inovatif, dan kreatif untuk memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan yang mandiri, bermoral dan berbudaya.
  2. Meningkatkan kegiatan penelitian bidang rekam medis dan informasi kesehatan secara profesional yang bermutu untuk memenuhi tenaga kesehatan yang mandiri dan bermoral.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat  secara terporgram dalam bidang ilmu rekam medis dan informasi kesehatan dengan pendekatan pemberdayaan masyarakat  etika dan moral sesuai dengan pendekatan pemberdayaan masyarakat dan terapan teknologi kesehatan tepet guna
  4. Meningkatkan kuantitas dan kualitas pendidikan dan tenaga kependidikan dalam mewujudkan bidang rekam medis dan informasi kesehatran yang profesional berlandaskan etika dan moral sesuai dengan kebutuhan masyarakat global.
  5. Menyediakan fasilitas-fasilitas untuk mendukung kegiatan tridharma perguruan tinggi di bidang rekam medis dan informasi kesehatan.
  6. Menyelenggarakan kerjasama  dengan lembaga pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang rekam medis dan informasi kesehatan berskala nasional dan internasional.

Pendidikan Rekam Medis dan Informasi Kesehatan (D-3) melaksanakan kegiatan pendidikan yang menghasilkan lulusan Ahli Madya Kesehatan (A.Md.Kes) dalam menjalankan tugas pelayanan kesehatan sebagai:

  1. Pengode klinis/ Clinical Coder
  2. Koordinator unit kerja rekam medis dan informasi kesehatan profesional yang mengkoordinir pelayanan di Unit Kerja Rekam Medis dan Informasi Kesehatan
  3. Pengolah Informasi Kesehatan

Terakreditasi B
Berdasarkan Keputusan Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia Nomor 0197/LAM-PTKes/Akr/Dip/III/2018