Prodi Psikologi (S-1)

Psikologi adalah suatu disiplin ilmu yang mempelajari tentang mental, pikiran dan perilaku manusia. Program Studi (Prodi) Psikologi di Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta berada dibawah Fakultas Ekonomi dan Sosial. Prodi Psikologi berfokus pada pembelajaran dan pengembangan aspek mental, pikiran dan perilaku manusia dalam berbagai setting kehidupan sehari-hari.

Kurikulum Prodi Psikologi Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta dirancang untuk ditempuh selama 4 tahun (8 semester). Prodi Psikologi Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta akan membentuk dan mempersiapkan lulusan yang profesional serta memiliki kompetensi dalam hal asesmen psikologis, penelitian sederhana maupun mengarahkan lulusan yang memiliki minat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang keprofesian atau sains. Lulusan juga dipersiapkan untuk mampu mengaplikasikan keahlian dalam bidang psikologi melalui media ilmu pengetahuan dan teknologi. Bidang peminatan pada Prodi Psikologi Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta terbagi menjadi lima yaitu psikologi perkembangan, klinis, pendidikan, industri dan organisasi, serta sosial.  Mahasiswa akan diterjunkan ke lapangan untuk mengikuti program magang kerja sesuai bidang peminatannya seperti di perusahaan, klinik tumbuh kembang, lembaga rehabilitasi, institusi pendidikan, lembaga sosial, kesatuan militer maupun kepolisian.

Bidang ilmu Psikologi akan terus berkembang dan dibutuhkan dalam berbagai bidang pekerjaan, sehingga lulusan yang profesional, berkarakter, dan kompeten akan memiliki daya saing yang unggul. Beberapa kompetensi yang akan diberikan kepada mahasiswa Psikologi Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta antara lain pengetahuan dan aplikasi alat tes Psikologi (proyektif, non proyektif, klasikal, dan individual), penyusunan skala Psikologi serta modul pelatihan psikologi. Prodi Psikologi Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta memiliki keunggulan program dalam upaya pengembangan diri mahasiswa dan pembentukan karakter melalui character building program (CBP) dan psychology corner program (PCP).

“Menjadi Penyelenggara Program Studi Psikologi yang Unggul dan Terdepan, Berorientasi pada Pembinaan Pengembangan Diri dan Karakter Unggul serta mewarisi Nilai-Nilai Kejuangan Jenderal Achmad Yani”

  1. Menyelenggarakan proses pendidikan Psikologi yang berkualitas serta berorientasi pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kebutuhan masyarakat
  2. Melaksanakan penelitian yang orisinil, kontributif serta berkelanjutan dalam bidang Psikologi
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat yang berorientasi pada upaya peningkatan kesejahteraan mental individu maupun kelompok
  4. Membentuk lulusan yang berkarakter, beretika dan kompeten dalam mengaplikasikan ilmu Psikologi

Profil lulusan Program Studi Psikologi Universitas Jenderal Achmad Yani adalah seorang profesional yang berkarakter dan kompeten dalam penerapan ilmu Psikologi yang berlandaskan pada kode etik psikologiserta mewarisi nilai-nilai kejuangan Jenderal Achmad Yani. Lulusan program studi psikologi Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta dapat bekerja pada berbagai bidang pekerjaan seperti bidang kesehatan (rumah sakit, rumah sakit jiwa, klinik tumbuh kembang, balai rehabilitasi), industri dan organisasi (BUMN, pemerintahan, perusahaan swasta), pendidikan (institusi pendidikan formal maupun non formal), TNI dan POLRI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.