Prodi Hukum (S-1)

Institusi merupakan ruang gerak akademis dalam mencetak para intelektual yang berbasis ilmu. Adanya Program Studi Ilmu Hukum merupakan bagian dari sebuah institusi dalam mengembangkan keilmuannya guna memenuhi tuntutan pendidikan nasional. Sistem Pendidikan Nasional hanya dapat dilaksanakan oleh institusi sesuai bidang dan orientasinya sebagai bentuk pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Ilmu hukum adalah ilmu pengetahuan yang objeknya hukum. Dengan demikian maka ilmuhukum akan mempelajari semua seluk beluk mengenai hukum, mengenai asal mula, wujud, asas-asas, sistem, macam pembagian, sumber-sumber, perkembangan, fungsi dan kedudukan hukum di dalam masyarakat. Ilmu hukum sebagai ilmu yang mempunyai objek hukum menelaah hukum sebagai suatu gejala atau fenomena kehidupan manusia dimanapun didunia ini dari masa kapanpun. Seorang yang berkeinginan mengetahui hukum secara mendalam sangat perlu mempelajari hukum itu dari lahir, tumbuh dan berkembangnya dari masa ke masa sehingga sejarah hukum besar perannya dalam hal tersebut. Dasar pemikiran adanya program studi ilmu hukum di Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta adalah semakin banyaknya kebutuhan yang mendesak akan adanya kebutuhan sarjana hukum di Negara Indonesia dalam berbagai aspek bidang pekerjaan. Secara umum, grand design Program Studi Ilmu Hukum Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta akan mempelajari bidang Hukum Perdata, Hukum Pidana, Hukum Tata Negara, Hukum Administrasi Negara, dan Hukum Internasional, Hukum Adat beserta seluruh perkembangan ilmu hukum yang ada yang akan lebih dispesifikasikan. Adapun bidang ilmu atau kajian yang menjadi tambahan dalam Program Studi Hukum Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta adalah “Hukum Militer”, kajian kurikulum di berbagai Universitas di Indonesiayang masih sangat jarang ditemui di Universitas di Indonesia. Adapun beberapa mata kuliah tambahan yang berbasis sesuai dengan spesifikasi Hukum Militer adalah Hukum Humaniter, Hukum Acara Peradilan Militer, Perbandingan Hukum Militer, dan Diplomasi dan resolusi konflik.
Kurikulum Program Studi Ilmu Hukum Unjani Yogyakarta akan dikembangkan kearah pembelajaran Student Center Learning melalui mata kuliah-mata kuliah, kemahiran hukum dan pembentukan laboratorium peradilan semu yang ditujukan untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas. Bukan hanya menguasai teori tapi juga memiliki kemampuan analisis dan kritis terhadap masalah-masalah yang timbul di masyarakat.Pengembangan keilmuan ilmu hukum tersebut akan dilengkapi dengan pembinaan sikap mental dari para mahasiswa mengenai semangat nasionalisme yang meliputi rasa cinta tanah air, wawasan kebangsaan serta upaya untuk mengembangkan nilai-nilai nasionalisme dalam mengimplementasikan ilmunya dalam masyarakat dengan didukung oleh kemampuan penguasaan teknologi. Hal ini akan menjadi ciri khas dari Program Studi Ilmu HukumUniversitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta karena didalam proses kegiatan belajar mengajar akan menginternalisasi nilai-nilai kejuangan Jenderal Achmad Yani.

Menjadi Program Studi Hukum yang unggul dan terdepan di tingkat Nasional pada tahun 2037 dengan mengedepankan penguasaan ilmu hukum dan pemahaman hukum militer secara komprehensif serta mewarisi nilai-nilai kejuangan Jenderal Achmad Yani

  1. Melaksanakan pendidikan yang bermutu di bidang Hukum serta responsif terhadap kemajuan ilmu dan teknologi;
  2. Melaksanakan kegiatan penelitian yang unggul di bidang Hukum serta menghasilkan publikasi yang inovatif dan responsif;
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di bidang Hukum yang berdaya guna serta berhasil guna;
  4. Melakukan kerja sama yang berkelanjutan dengan stakeholder khususnya yang mendukung pengembangan lembaga dan ilmu bidang Hukum untuk mewujudkan daya saing global;
  5. Menyelenggarakan dan mengembangkan manajemen pendidikan yang baik dan mandiri;
  6. Mendalami dan mengembangkan nilai-nilai kejuangan Jenderal Achmad Yani untuk diterapkan oleh sivitas akademika dan pendukungnya.

Berdasarkan Visi, Misi tersebut maka tujuan Program Studi Hukum Unjani Yogyakarta menghasilkan lulusan yang berjiwa kebangsaan dan berwawasan lingkungan, memiliki semangat nasionalisme, patriotisme dan memiliki wawasan global. Tujuan Program Studi Hukum Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta secara khusus adalah sebagai berikut:

  1. Menghasilkan lulusan yang berkepribadian Pancasila, berjiwa kebangsaan, dan berwawasan lingkungan.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu menyelesaikan permasalahan hukum secara profesional.
  3. Menghasilkan lulusan yang memiliki integritas keilmuan, pengetahuan, dan keterampilan yang tinggi dibidang hukum.
  4. Menghasilkan lulusan yang mampu mengabdikan ilmunya kepada masyarakat, bagi pengembangan Ilmu Hukum serta Profesi hukum.

Profil lulusan Sarjana Hukum Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta adalah seseorang yang memliki kemampuan dan menguasai ilmu pengetahuan dalam bidang hukum secara teoritis dan praktis serta mewarisi nilai-nilai kejuangan Jenderal Achmad Yani. Lulusan Sarjana Hukum Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta juga menguasai pengetahuan secara komprehensif dibidang Hukum Militer.

Adapun beberapa jenis pekerjaan dengan penyerapan lulusan dari Sarjana hukum diantaranya :

  1. Litigasi (Hakim, Jaksa, Panitera);
  2. Bank, Legal Officer, Legal Drafter;
  3. Lembaga Pemerintahan;
  4. Pengacara (advokat);
  5. Notaris;
  6. Akademisi.

8 thoughts on “Prodi Hukum (S-1)

  1. Lonebung Reply

    Assalamualaikum, mau tanya klo misalkan pembelajaran atau sistem belajar mengajar di prodi hukum itu diadakan di mana ya? Di kampus pusatnya atau kampus yang dekat UMY tu?

  2. Bagus Aji Reply

    Assalamualaikum. Apakah Universitas Jenderal Achmad Yani juga menerima mahasiswa pindahan dari Perguruan tinggi lain? Terima kasih 🙂

  3. Wiwid Reply

    Assalamualaikum.. Admin,
    Mau tanya akreditasi prodi hukum apa ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.