Prodi Hukum Unjani Yogyakarta Selenggarakan Seminar Hukum Militer

SLEMAN – Bertempat di Kampus 1 Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta (Unjani Yogyakarta), pada Rabu (18/12/2019) Himpunan Mahasiswa Program Studi Hukum (Himakum) Fakultas Ekonomi dan Sosial Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta (FES Unjani Yogyakara) menyelenggarakan acara Seminar Hukum dengan tema “Penegakan Hukum Militer Di Indonesia”. Kegiatan diawali dengan laporan ketua panitia M. Kurnia Rizky Saputra yang melaporkan bahwa penyelenggaraan acara dapat terlaksana berkat keberhasilan Himakum dalam pengajuan proposal bantuan dana pemberdayaan organisasi kemahasiswaan tahun 2019 dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah V Yogyakarta dan dukungan dari pimpinan Program Studi (Prodi) dan pimpinan Fakultas. Selain itu juga dilaporkan bahwa peserta seminar tidak hanya diikuti oleh mahasiswa dari Prodi Hukum Unjani Yogyakarta saja, namun juga para mahasiswa dari berbagai Prodi Hukum yang ada di Yogyakarta.

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Wakil Rektor I Unjani Yogyakarta, Wenny Savitri.,S.Kep., Ms., MNS yang hadir mewakili Rektor. Dalam sambutannya, Wakil Rektor 1 menyampaikan dukungan kepada Fakultas Ekonomi dan Sosial khususnya Prodi Hukum dalam menjalin hubungan kerjasama dengan istansi-instasi militer terkait pembelajaran hukum militer. Selain itu beliau juga memberikan apresiasi terkait dengan kekhasan atau keunggulan yang dimiliki oleh prodi hukum dalam pengembangan kajian ilmu di bidang hukum militer. Seminar hukum militer ini menghadirkan tiga Narasumber yang berkompeten dalam bidangnya yaitu Kapten Laut (KH) Mirza Ardiansyah, S.H., M.H selaku Hakim di Pengadilan Militer II-11 Yogyakarta, Mayor Laut (KH) Alexander Aditya Nugraha selaku Oditur di Oditurat Militer II-10 Yogyakarta, dan Dr. Supriyadi, S.H., M.Hum (Pakar Hukum Militer Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada.  Usai ketiga pembicara menyampaikan paparannya, acara dilanjutkan dengan diskusi yang cukup hangat dengan banyaknya pertanyaan dan tanggapan dari para peserta yang berasal dari berbagai Prodi Hukum di Yogyakarta. Kegiatan yang berlangsung hingga siang hari ini kemudian ditutup dengan penyerahan sertifikat dan ucapan terimakasih kepada para Narasumber.

Dengan diadakannya acara ini diharapkan dapat menambah pemahaman dan wawasan bagi para mahasiswa terkait perkembangan ilmu hukum militer di Indonesia dan dapat menjadi pintu masuk penegembangan kajian ilmu hukum militer Himakum dan Prodi Hukum Unjani Yogyakarta untuk mengembangkan keunggulan prodi di bidang hukum militer dengan mengadakan keberlanjutan kegiatan bersama kedepannya. [himakum/kpp]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.