Prodi Bio Kewirausahaan (S-1)

Program Studi Sarjana Bio Kewirausahaan Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta merupakan program sarjana yang berada di Fakultas Teknik dan Teknologi Informasi (FTTI).  Program Studi ini mencakup bidang akademik multidisipliner yang mengintegrasikan ilmu biologi, kimia dan teknik-teknik kewirausahaan yang sukses membawa inovasi ilmiah hasil penelitian ke dunia bisnis. Dirancang untuk merespon tuntutan bangsa dan pasar agar lahir para wirausahawan muda yang handal, yang mampu mengelola kekayaan sektor pertanian, perikanan, kehutanan, kelautan dan pangan yang dimiliki oleh Indonesia secara profesional dan berkelanjutan.

Tujuan dari program Bio Kewirausahaan di Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta adalah untuk mengajar calon pengusaha dengan kemampuan identifikasi yang efektif untuk menangkap dan menerjemahkan inovasi dan peluang life sciences ke dalam dunia bisnis.

Pada program ini, mahasiswa akan menggabungkan konsep ilmu kehidupan dasar seperti biologi seluler, mikrobiologi, biokimia, biofisika dan kimia organik, dengan keterampilan manajemen bisnis dasar dalam pemasaran, keuangan, dan akuntansi. Selain itu, mahasiswa akan mempelajari 10 pilar kepemimpinan kewirausahaan : paradoks kewirausahaan, kreativitas kewirausahaan, peluang kewirausahaan, inovasi kewirausahaan, model canvas bisnis, rencana bisnis, dana start-up, inkubasi, komersialisasi, dan keterampilan kepemimpinan. Mahasiswa juga akan memiliki kesempatan untuk memperdalam kepentingan ilmiah mereka dan belajar tentang topik-topik lanjutan di bioteknologi, ilmu pangan, teknologi pangan, bioinformatika, biomonitoring, bioscurity dan ilmu lingkungan. Mahasiswa akan melakukan dua periode magang, satu terkait dengan riset dan ilmu pengetahuan dan yang lain untuk sisi bisnis ilmu pengetahuan, untuk memperoleh pengalaman kerja nyata dan mengeksplorasi gairah mereka.

Sarjana Bio Kewirausahaan merupakan pribadi yang  dapat mengintegrasikan keterampilan kepemimpinan ilmiah dan kewirausahaan untuk memimpin proses komersialisasi inovasi life sciences. Selain itu mampu mengembangkan bioeconomy berbasis pengetahuan dengan mempercepat komersialisasi teknologi life sciences.

Sarjana Bio Kewirausahaan selain disiapkan sebagai Entrepreneur berwawasan life sciences yang mampu mendirikan perusahaan atau usaha sendiri, menempati posisi-posisi strategis dalam manajemen dan eksekutif di berbagai instansi atau perusahaan, maupun menjadi konsultan bisnis yang handal. Prodi Bio Kewirausahaan Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta berada dalam tahap rintisan fokus pada :

  1. Pangan olahan
  2. Budidaya perikanan terintegrasi yang ramah lingkungan dan berkelanjutan
  3. Rempah (Biologi tanaman obat dan industri)

Menjadi program studi yang unggul dalam menciptakan entrepreneur dan konsultan bisnis yang bertanggungjawab dalam industri berbasis life sciences melalui proses pendidikan, riset dan pengabdian dengan semangat kewirausahaan, fokus pada keberlanjutan dan berorientasi global.

life sciences : ilmu yang berkaitan dengan studi organisme hidup, termasuk biologi, botani, zoologi, mikrobiologi, fisiologi, biokimia, dan mata pelajaran yang terkait.

  1. Menyelenggarakan pendidikan sarjana yang terakreditasi nasional dan internasional dalam bidang Bio Kewirausahaan
  2. Mengembangkan dan menyebarkan konsep bisnis berbasis life sciences yang berakar kuat pada kearifan lokal
  3. Mengembangkan secara aktif praktik bisnis di tingkat nasional, regional maupun internasional.
  4. Mendukung pengembangan bisnis dan industri berbasis berbasis life sciences yang menitikberatkan pada sektor pertanian, perikanan, kehutanan, kelautan dan pangan yang berkelanjutan.
  1. Memahami pengetahuan dasar dalam ilmu kehidupan di bidang biologi, manajemen bisnis, dan pilar kewirausahaan
  2. Mampu memahami dan melaksanakan bisnis yang mempertimbangkan nilai moral dan etika
  3. Mengembangkan pola pikir kewirausahaan dan pemahaman tentang dinamika industri ilmu kehidupan
  4. Mampu menguasai pengetahuan bisnis dan kewirausahaan untuk menata sistem dan model bisnis yang inovatif.
  5. Mampu menerjemahkan inovasi ilmiah menjadi produk yang inovatif dan peluang bisnis yang layak
  6. Mampu memahami dan mengartikulasikan konsep dan pemikiran dalam pemecahan masalah bisnis, baik yang bersifat stratejik maupun operasional
  7. Mampu menggunakan alat-alat pengambilan  keputusan (decision-support tools) yang diperlukan dalam memecahkan masalah bisnis
  8. Mampu menunjukkan kualitas kepemimpinan yang dinamis dalam menjalankan berbagai fungsi organisasi bisnis
  9. Mampu bekerjasama dalam tim secara efektif.
  10. Menunjukkan keterampilan penelitian mahir untuk dapat melakukan penelitian ilmiah independen
  11. Mampu memahami peranan inovasi dalam menciptakan nilai tambah yang berkelanjutan
  12. Menguasai seni komunikasi yang efektif untuk khalayak ilmiah dan bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.