Perpustakaan Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta yang selanjutnya disingkat menjadi Perpustakaan Unjani Yogyakarta merupakan penggabungan antara Perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) dan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (Stmik) Jenderal Achmad Yani Yogyakarta. Dengan penggabungan kedua Lembaga Pendidikan dibawah naungan Yayasan Kartika Eka Paksi (YKEP) tersebut, perpustakaan turut bergabung menjadi satu dengan nama Perpustakaan Unjani Yogyakarta sejak bulan Agustus 2018. Perpustakaan Unjani Yogyakarta mempunyai luas sebesar 661,18 m2 yang terdapat di Kampus 1 seluas 187,18 m2 dengan daya tampung 45 Orang di dua lokasi yaitu di Kampus 2 seluas 474m2 dengan daya tampung sebanyak 120 Orang.

Perpustakaan Unjani Yogyakarta memberikan layanan Sirkulasi, Referensi, Terbitan Berkala, Jenderal Achmad Yani Corner, Kelas Literasi Informasi, dll. Koleksi yang dimiliki meliputi buku-buku teks dan referensi terbitan dalam maupun luar negeri, karya tulis ilmiah, CD/VCD dan kaset praktik-praktik kesehatan, laporan penelitian, jurnal, e-journal, e-book, majalah, dan surat kabar. Selain koleksi yang lengkap, perpustakaan juga menawarkan fasilitas yang nyaman diantaranya ruangan representatif, ruang karya ilmiah, ruang diskusi, area baca (meja diskusi, meja sekat, & meja lesehan), loker, AC, internet gratis, Wifi, dll dengan jam buka layanan hari Senin – Jum’at pukul 08.00 – 16.00 WIB dan Sabtu pukul 08.00 – 15.00 WIB. Sistem informasi yang dimiliki Perpustakaan Unjani Yogyakarta dapat diakses secara online antara lain website http://library.unjaya.ac.id Katalog buku (OPAC) http://slims.unjaya.ac.id, Institutional Repository http://repository.unjaya.ac.id, dan media sosial lainnya.

Visi

“Menjadi Pusat Informasi dan Riset yang unggul dan terdepan Berbasis Teknologi Informasi untuk Mendukung Visi Misi Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta”

Misi

  1. Menyediakan bahan pustaka yang relevan dan terkini untuk mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  2. Meningkatkan mutu layanan informasi berbasis digital.
  3. Meningkatkan publikasi ilmiah institutional repository.
  4. Meningkatkan potensi dan karakter SDM perpustakaan sebagai pengelola informasi.
  5. Meningkatkan kemitraan dengan sivitas akademika
  6. Meningkatkan jaringan informasi (resources sharing) dan kerja sama perpustakaan.

Layanan

  1. Sirkulasi (Peminjaman) yaitu layanan peminjaman koleksi perpustakaan untuk anggota.
  2. Referensi (Rujukan) yaitu layanan yang bertujuan membantu pemustaka mengumpulkan informasi untuk belajar, mengajar, ataupun penelitian.
  3. Karya Ilmiah yaitu layanan yang menyajikan hasil penelitian karya ilmiah.
  4. Audiovisual yaitu layanan yang menyajikan koleksi elektronik.
  5. Terbitan Berkala yaitu layanan koleksi yang terbit secara berkala.
  6. Jenderal Achmad Yani Corner yaitu layanan yang menyajikan koleksi fiksi.
  7. Kelas Literasi Informasi yaitu layanan pelatihan penelusuran sumber-sumber informasi.

Catatan: Koleksi reserve (tandon), referensi, karya ilmiah, audiovisual, dan terbitan berkala hanya dapat dibaca/digunakan di perpustakan

Jam Layanan

Senin – Jum’at : 08.00 – 16.00 WIB
Sabtu : 08.00 – 15.00 WIB