Peringatan Kemerdekaan Indonesia Ke-73 di Unjani Yogyakarta

17 Agustus merupakan momen yang sangat spesial bagi seluruh warga negara Indonesia Karena di tanggal tersebut 73 tahun yang lalu kemerdekaan Bangsa Indonesia diproklamasikan dan menjadi tonggak atas kemerdekaan yang kita rasakan saat ini. Sebagai bagian Warga Bangsa, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta mengadakan upacara peringatan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia ke 73 di halaman depan Kampus 1 pada Jumat (17/08/18) pagi. Upacara ini dihadiri oleh segenap civitas akademika Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta, baik itu jajaran rektorat, dekanat, dosen, karyawan, maupun perwakilah mahasiswa Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

Selaku Pembina Upacara Rektor Dr. Drs. Djoko Susilo, ST., MT. membacakan sambutan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D., Ak. Dalam sambutannya, Menristekdikti menyampaikan bahwa saat ini, Indonesia banyak dipuji karena stabilitas politik dan ekonominya, serta mampu menorehkan berbagai prestasi dalam berbagai ajang kompetisi internasional di berbagai bidang.

Menristekdikti juga menyampaikan bahwa beberapa hari yang lalu, kita baru saja memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke-23. Peringatan tersebut merupakan wujud penghargaan dan apresiasi atas keberhasilan dan prestasi putra-putri bangsa Indonesia yang gemilang di bidang iptek. “Cukup banyak prestasi yang membanggakan dan dipamerkan lebih dari ratusan produk inovasi untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat serta kemandirian dan daya saing bangsa. Inilah “KERJA KITA, PRESTASI BANGSA”, ungkap Menristekdikti.

Lebih lanjut Menristekdikti menyampaikan pemanfaatan iptek dan inovasi bagi masyarakat, khususnya pelaku ekonomi dan industri, masih perlu ditingkatkan lagi. “Untuk itu, sebagai institusi iptek kita harus terus meningkatkan sinergi dengan pelaku industri dan masyarakat, sehingga iptek dan inovasi memberikan kontribusi maksimal bagi kemajuan bangsa dan menjawab permasalahan bangsa”, ungkap Menristekdikti. Menristekdikti juga menyampaikan tantangan kedepan, diantaranya pemberantasan korupsi, penguatan daya saing, dan revolusi Industri 4.0. Ditegaskan perlunya lulusan perguruan tinggi di Indonesia selain menguasai literasi lama yaitu baca, tulis, dan matematika, juga diperkuat dengan literasi baru dalam pendidikan tinggi yaitu Literasi Data, Literasi teknologi, dan Literasi Manusia.

Hadir dalam upacara tersebut, Ketua BPH Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta, Widhagdo, SIP., Ketua SPI, B. Sigit Irianto, S.I.P. Wakil Rektor I, Ida Nursanti, S.Kep., MPH., Dekan Fakultas Kesehatan, Kuswanto Hardjo, dr., M.Kes., Dekan Fakultas Teknik dan Teknologi Informasi, Arif Himawan, S.Kom., MM, M.Eng., dan Dekan Fakultas Ekonomi Sosial, Edy Tri Cahyono S.Si, MM. [be]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.