Perencanaan Program Pertukaran Pelajar KAIT dan Unjani Yogyakarta

SLEMAN, 29 Maret 2019-Bertepatan dua hari setelah Hari lahir, Unjani Yogyakarta menerima kunjungan dari Kangawa Intitute of Technology, Japan (KAIT). Kegiatan kunjungan tersebut dihadiri oleh Prof. Shibayama (Dekan Fakultas Keperawatan), Dr. Suzuki (Kepala bagian Urusan kerja sama Internasional), Mrs. Maki (Urusan Pertukaran Pelajar Luar Negeri) and Mr. Midori (Penerjemah). Tujuan dari kunjungan tersebut adalah membahas program pertukaran pelajar di tahun 2020 antara Unjani Yogyakarta dengan KAIT.

Ketua BPH, Wakil Rektor I, Dekan FKes, Dekan FTTI beserta para wakil dekan dan Keprodi menghadiri pertemuan tersebut dan Wakil Rektor I, Ida Nursanti,S.Kep.,NS.,MPH memperkenalkan diri dan para undangan dari Unjani Yogyakarta sedangkan Prof. Shibayama memperkenalkan rekan-rekannya dari KAIT.

Hasil pertemuan tersimpulkan bahwa kegiatan pertukaran pelajar dapat dilakukan dalam jangka waktu yang lama (enam sampai 12 bulan) dan atau jangka pendek 1 sampai 2 minggu. Unjani Yogyakarta akan memberikan fasilitas free akomodasi dan transportasi dalam negeri selama mahasiswa jepang di Indonesia dan KAIT akan mempertimbangkan financial support apa saja yang akan diberikan oleh KAIT terhadap Unjani Yogyakarta. KAIT akan berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi Unjani Yogyakarta dan mahasiswa Unjani Yogyakarta. Pada tahun sebelumnya KAIT mengundang empat dosen keperawatan dari Unjani Yogyakarta ke KAIT, Japan dan memperoleh hibah 100% financial support. Mereka sangat berterimakasih sekali atas presentasi yang telah disampaikan oleh para dosen Unjani Yogyakarta.

Pada tahun 2020, KAIT berencana akan mengirimkan 10 mahasiswa mereka dan tiga orang dosen dari Fakultas Keperawatan untuk datang ke Unjani Yogyakarta. Kegiatan tersebut merupakan jenis pertukaran pelajar dalam bentuk short term. Kegiatan lain tentang pertukaran pelajar selama enam bulan akan difokuskan pada program studi manajemen informasi dari Fakultas Tekhnik dan Tekhnologi Informasi dan pembicaraan lebih lanjut akan dibahas melalui email sehingga akan terwujud sebuah implementasi yang mengedepankan win win solution.

Selain kegiatan diskusi bersama tentang pertukaran pelajar. Para tamu dari KAIT juga difasilitasi oleh Unjani Yogyakarta untuk berkunjung ke RS Bethesda, Yogyakarta pada tanggal 29 Maret 2019 pukul 09:00 s.d 12:00. Kegiatan tersebut disambut oleh Direktur RS Bethesda Bapak dr. Sugianto, Sp. Syaraf.,M.Kes.,PhD., serta Kepala Bagian Humas, Kepala Instalasi Rawat Jalan, dan Kepala Rawat inap II RS. Bethesda. Sambutan yang sangat ramah dan baik diberikan oleh Direktur dan RS Bethesda. Pertemuan tersebut dihadiri juga oleh Kepala Bagian Kerja Sama, staf kerja sama dan dosen keperawatan Unjani Yogyakarta.

Direktur RS Bethesda menjelaskan tentang profil RS Bethesda, layanan utama RS Bethesda, Moto RS Bethesda dan sistem pelayanan di RS Bethesda. RS Bethesda sebagai rumah sakit unggulan pada Trauma dan Stroke Center. Beliau juga menjelaskan bahwa mahasiswa KAIT Japan dapat melakukan study visit ke RS Bethesda di tahun 2020. Selain itu para tamu melakukan hospital tour di RS Bethesda.

Kepala Bagian Kerja sama Unjani Yogyakarta dan Kepala Kantor Urusan Internasional KAIT tentang Program Pertukaran Pelajar telah sepakat secara bersama – sama untuk menjalin hubungan yang terbaik dan mengimplementasikan MoU yang dibuat dengan saling berkoordinasi, berkomunikasi sebagai jalinan yang mengedepankan saling menguntungkan satu sama lain. (SWR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.