Implementasikan Nilai Kejuangan Jenderal Achmad Yani, BEM FES Unjani Yogyakarta Gelar Bakti Sosial

SLEMAN РSuasana Sabtu pagi, 16 November 2019 di SD Muhammadiyah Sangonan III Godean, Sleman,Yogyakarta terasa berbeda. Sekolah dengan suasana khas pedesaan dan lingkungan persawahan yang hijau itu tidak seperti biasanya. Sejak pagi mereka sudah bergabung bersama dari kelas 1 hingga kelas 6 dalam suatu ruang kelas yang sederhana yang dibuka penyekatnya. Kehadiran para pengurus Badan Eksekutif mahasiswa (BEM) Fakultas Ekonomi dan Sosial  Universitas Jenderal Achmad Yani  Yogyakarta (FES Unjani Yogyakarta) yang membuat suasana pagi itu berbeda, mereka ingin berbagi dalam suatu acara bakti sosial yang dikemas dengan acara yang menyenangkan dan permainan untuk mengajarkan nilai-nilai kepahlawanan dalam konteks yang aktual kekinian dan tentu disajikan dengan sangat menarik. Suara ramai nyanyian dan kegembiraan anak-anak terpancar pagi itu. Membangun sikap kejujuran dan kedisiplinan menjadi tema utama nya.

Demikianlah gambaran acara bakti social BEM FES Unjani Yogyakarta yang dibuka oleh Wakil Dekan I FES Unjani Yogyakarta, Adi Heryadi, S.Psi., M.Psi., Psikolog yang dalam sambutannya mengapresiasi upaya BEM FES dalam mengimplementasikan nilai rela dan ikhlas berbagi dan berkorban untuk orang lain yang merupakan salah satu nilai kejuangan Jendral Achmad Yani dan dikaitkan dengan semangat hari pahlawan 10 November 2019. Lebih lanjut menurut Wadek I FES bahwa mengajarkan adek-adek sekolah dasar nilai kejujuran dan kedisiplinan sejak dini merupakan upaya kreatif untuk menyiapkan generasi emas Indonesia yang akan menjadi pemimpin di tahun 2045 saat Indonesia berusia 100 tahun yaitu generasi-generasi yang anti korupsi karena korupsi telah terbukti membuat bangsa ini terlambat kemajuannya jika dibandingkan Negara lain yang sudah lebih dulu maju. Kejujuran dan kedisiplinan merupakan bagian dari nilai-nilai anti korupsi yang perlu ditanamkan pada diri sejak usia anak-anak.

Sementara ketua BEM FES Unjani Yogyakarta, Cindi Octaviani Saragih mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan implementasi dari program kerja BEM FES di bidang pengabdian masyarakat dan ingin berbagi dengan adek-adek siswa Sekolah dasar untuk mengimplementasikan nilai-nilai kepahlawanan yang lebih kontekstual dan buat kami para mahasiswa adalah kesempatan untuk belajar beraktualisasi diri bagaimana berbagi dan mengajar pada anak anak SD. Kepala SD Muhammadiyah Sangonan III, Ibu Wusanti, S.Sn, S.Pd. menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada BEM FES Unjani Yogyakarta yang sudah berbagi kepada anak-anak dan berharap kegiatan kreatif ini bisa dilanjutkan di tahun-tahun mendatang karena mampu memberi semangat baru bagi anak-anak. Acara di akhiri dengan pemberian bantuan buku dan alat-alat pendukung belajar lainnya yang dikumpulkan oleh BEM FES Unjani Yogyakarta melalui dana usaha dan donasi segenap civitas akademika FES Unjani Yogyakarta.[fes/kpp]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.