Himabi Unjani Yogyakarta Gelar Semnas Kebidanan 2019

Himabi Unjani Yogyakarta Gelar Semnas Kebidanan 2019, “Enhancing the Awareness of Indonesian Midwifery Law to Create Professional Midwives”

SLEMAN – Telah dilaksanakan Seminar Nasional Kebidanan 2019 oleh Himpunan Mahasiswi Kebidanan (Himabi) Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta, pada hari Minggu, 15 September 2019, pukul 08.00 s.d. 16.00 WIB, di Auditorium Kampus 1 Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta. Kegiatan Seminar Nasional Kebidanan ini dilaksanakan dengan tujuan dapat terjalin hubungan baik antarsesama anggota Himabi Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta, menciptakan kerja sama antara Himabi dengan sivitas akademik kampus dan instansi lain, sebagai wadah untuk menambah pengetahuan, keilmuan, dan keakademikan dalam menghadapi era globalisasi, meningkatkan aktivitas dan peran aktif seluruh anggota dalam melaksanakan program kerja Himabi, dan sebagai salah satu upaya menyukseskan program kerja Himabi Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta tahun 2019. Ketua Himabi tahun 2019 Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta adalah saudari Dewi Nilam Watie dan Wakil Ketua Himabi Windiarni Reyka Daneswari, sedangkan Ketua Pelaksana Seminar Nasional Kebidanan ini adalah saudari Atikah Sulastri, dan Wakil Ketua Pelaksana adalah saudari Aprillia Dwi Lestari. Kegiatan ini terlaksana dengan baik tak lepas berkat bimbingan dari pembimbing Himabi yaitu Ibu Budi Rahayu, S.ST., M.Keb yang juga sebagai dosen Kebidanan di Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

Tema Seminar Nasional Kebidanan 2019 ini adalah “Enhancing the Awareness of Indonesian Midwifery Law to Create Professional Midwives”, dengan pembicara:

  1. Nunik Endang Sunarsih, SST., SH., M.Sc sebagai Ketua I Pengurus Pusat Ikatan Bidan Indonesia (PP IBI) yang akan menyampaikan materi “Bedah UU No. 04 Tahun 2019 Tentang Kebidanan”.
  2. Umi Susilowati, SST, M.Kes., CI IBH., CT NNLP sebagai Owner Holisticare & Istitude yang akan menyampaikan materi “Komplementer Hypnobirthingdan Motivation Trainning”.
  3. Lily Yulaikhah, S.Si. T., M.Keb sebagai Wakil Dekan 1 Fakultas Kesehatan yang akan menyampaikan materi“Komplementer Yoga Dalam Kehamilan”.
  4. Ika Fitria Ayuningtyas, S.Si.T.,M.Kes sebagai Ketua Program Studi Kebidanan yang akan menyampaikan materi “Bedah Buku Komplementer Kebidanan”.

Sedangkan yang menjadi Moderator Pembicara yaitu, Budi Rahayu, SST., M.Keb sebagai Pembimbing Himabi dan Liberty Barokah, SST., M.Keb sebagai Sekretaris Program Studi Kebidanan.

Kegiatan Seminar Nasional Kebidanan ini dihadiri oleh 222 peserta, yang terdiri dari 217 mahasiswi, 4 tamu undangan dari Hima (BEM Fakultas Kesehatan, HIMARMIKA, HIMAFAR, dan HIMIKA), 6 bidan, dan 9 dosen. Kegiatan Seminar Nasional ini diawali dengan registrasi ulang terlebih dahulu yang dimulai pukul 07.30-08.00 WIB, persembahan tari, pembukaan, sambutan-sambutan, penyampaian materi, diskusi, dorprize, dan acara Seminar Nasional diakhiri pada pukul 16.00 WIB dengan Doa bersama. Adapun pemenang dorprize adalah Intan Dewi Astuti, mahasiswi Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta sebagai peserta yang registrasi ulang pertama kali dan Riana Sofianti, mahasiswi Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta sebagai pendaftar Seminar Nasional Kebidanan pertama kali.

Kegiatan Seminar Nasional Kebidanan 2019 berjalan dengan lancar dan dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Peserta mengikuti acara dengan baik dan mematuhi tata tertib, serta seluruh materi Seminar Nasional Kebidanan tersampaikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.