Hasilkan Lulusan yang Unggul, Unjani Yogyakarta Mewisuda 471 Lulusan

HASILKAN LULUSAN YANG UNGGUL DAN TERDEPAN SERTA MEWARISI NILAI KEJUANGAN JENDERAL ACHMAD YANI UNIVERSITAS JENDERAL ACHMAD YANI YOGYAKARTA MEWISUDA 471 LULUSAN

SLEMAN – Pada Kamis, 17 Oktober 2019, Rektor Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta (Unjani Yogyakarta), Dr. Drs. Djoko Susilo., ST., MT mewisuda 471 lulusan Ahli Madya, Sarjana, dan Profesi, bertempat di The Alana Hotel and Convention Center. Mahasiswa yang di wisuda merupakan lulusan Program Diploma Tiga, Sarjana, dan Profesi dari enam Program Studi (Prodi). Untuk Program Diploma, yaitu Prodi Kebidanan (D-3) sebanyak 120 lulusan, dengan rata-rata Indeks Prestasi Komulatif (IPK) mencapai 3,56 dan IPK tertinggi dicapai oleh Pungki Putri Utami, A.Md.Keb., dengan IPK 3,93. Untuk Prodi Perekam dan Informasi Kesehatan (D-3) sebanyak 85 lulusan, dengan rata-rata IPK mencapai 3,31 dan tertinggi dicapai oleh Lusy Andewi, A.Md.Kes. dengan IPK 3,85. Untuk Manajemen Informatika (D-3) sebanyak 8 lulusan, dengan rata-rata IPK mencapai 3,40 dan tertinggi dicapai oleh Leny Efalentien, A.Md.Kom. dengan IPK 3,86. Sedangkan untuk Program Sarjana terdiri dari Prodi Ilmu Keperawatan (S-1)  sebanyak 108 lulusan, dengan rata-rata IPK mencapai 3,40 dan tertinggi dicapai oleh Frilisa J. Hi. Syafi, S.Kep. dengan IPK 3,92 dan Prodi Teknik Informatika (S-1) sebanyak 72 lulusan, dengan rata-rata IPK mencapai 3,17 dan tertinggi dicapai oleh Irmma Dwijayanti, S.Kom. dengan IPK 3,86. Sedangkan untuk Program Pendidikan Profesi Ners, menghasilkan sebanyak 78 lulusan, dengan rata-rata IPK mencapai 3,59 dan tertinggi dicapai oleh Siti Nurhayati, S.Kep., Ns., dengan IPK 3,88.

Dalam sambutannya, Rektor Unjani Yogyakarta menyampaikan bahwa Unjani Yogyakarta yang merupakan hasil penggabungan Stikes dan Stmik Jenderal Achmad Yani Yogyakarta, dan diresmikan pada tanggal 26 Maret 2018 memiliki usia yang masih sangat muda. Namun, dalam waktu yang relatif singkat telah berkembang pesat serta mengalami peningkatan dalam berbagai aspek, diantaranya pada Akreditasi Prodi, dimana Prodi Ilmu Keperawatan (S-1) dan Prodi Pendidikan Profesi Ners telah berhasil meraih Akreditasi B pada bulan April 2019, berdasarakan Surat Keputusan Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) Nomor: 0174/LAM-PTKes/Sar/IV/2019 dan Nomor: 0175/LAM-PTKes/Akr/Pro/IV/2019. Sedangkan untuk Akreditasi Institusi, berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor: 394/SK/BAN-PT/Ak-PNB/PT/IX/2019 tertanggal 4 September 2019, Unjani Yogyakarta telah berhasil mendapatkan peringkat B, dan membuat Unjani Yogyakarta naik satu tingkat dari tahun 2018 dalam pengklasteran Perguruan Tinggi oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Lebih lanjut Rektor Unjani Yogyakarta menyampaikan bahwa pencapaian kualitas kelembagaan tersebut tentunya dibarengi semangat mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, dan seluruh sivitas akademika dalam mewarisi nilai kejuangan Jenderal Achmad Yani, serta dukungan penuh dari Yayasan Kartika Eka Paksi (YKEP) TNI Angkatan Darat. ”Nilai kejuangan Jenderal Achmad Yani yaitu Gigih, Berjiwa Kepemimpinan, Mengutamakan Kemerdekaan, Pantang Menyerah, Patriotisme, Heroisme, Rela Berkorban, Tanpa Pamrih, Berani, Nasionalis, Inovatif, Persatuan, dan Kebersamaan”, lanjutnya.

Lebih lanjut Rektor Unjani Yogyakarta menyampaikan bahwa selain pencapaian di atas untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, YKEP memberikan beasiswa kepada tiga orang Dosen untuk melaksanakan studi lanjut Program Doktoral di Universitas Gadjah Mada atas nama Wenny Savitri, S.Kep., Ns., MNS., Ida Nursanti, S.Kep., Ns., MPH., dan Rahayu Iskandar, S.Kep., Ns., M.Kep. Selain itu, YKEP juga memberikan beasiswa kepada tujuh orang lulusan terbaik untuk studi lanjut Program Magister atas nama Siti Nurhayati, S.Kep., Ns., Irmma Dwijayanti, S.Kom., Frilisa J. Hi. Syafi, S.Kep., Rizky Yuspita Sari, S.Kep., Ns., Tika Sari Dewi, S.Kep., Ns.,Elyn Arlinda, S.Kep., dan Untoro Dwi Raharjo, S.Kep., Ns.

Selain itu, Unjani Yogyakarta telah juga memiliki berbagai program riset unggulan. Di Fakultas Kesehatan (Fkes), program unggulan tersebut mencakup bidang kesehatan ibu dan anak, keperawatan holistik dan berkelanjutan, promosi kesehatan, terapi modalitas, komplementer, terapi alternatif, coding dan rekam medis elektronik, farmasi sains dan teknologi, dan Sistem Informasi Manajemen (SIM) pelayanan darah. Sedangkan di Fakultas Teknik dan Teknologi Informasi (FTTI), program unggulan tersebut mencakup rekayasa software, business intelegence, entrepreneurship learning, web development, database engineering, UI&UX design, smart systems, mobile computing, Internet of Things (IoT), dan business process analysis. Sedangkan di Fakultas Ekonomi dan Sosial (FES), program unggulannya mencakup bidang akuntansi berbasis kewirausahaan dan teknologi informasi, kajian hukum militer, kajian psikologi militer dimana Unjani Yogyakarat telah bekerja sama dengan Dinas Psikologi TNI Angkatan Laut, dan manajemen yang berbasis kewirausahaan yang adaptif terhadap perkembangan teknologi informasi. Saat ini, Unjani Yogyakarta memiliki 3 Fakultas dan 17 Prodi, di Fkes terdapat Prodi Pendidikan Profesi Ners, Prodi Ilmu Keperawatan (S-1), Prodi Kebidanan (S-1) dan Profesi Bidan, Prodi Farmasi (S-1), Prodi Kebidanan (D-3), Prodi PIK / Rekam Medis (D-3), dan Prodi Teknologi Bank Darah (D-3). Sedangkan di FTTI terdapat Prodi Teknik Informatika (S-1), Prodi Bio Kewirausahaan (S-1), Prodi Teknologi Informasi (S-1), Prodi Teknik Industri (S-1), Prodi Sistem Informasi (S-1), dan Prodi Manajemen Informatika (D-3). Sedangkan di FES terdapat Prodi Hukum (S-1), Prodi Akuntansi (S-1), Prodi Psikologi (S-1), dan Prodi Manajemen (S-1).

Menutup sambutannya, Rektor Unjani Yogyakarta berpesan kepada para lulusan ”Walaupun Saudara telah menyandang gelar Ahli Madya, Sarjana, dan Profesi, namun tetaplah mengembangkan kemampuan baik secara formal dan non formal untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat, dan juga jangan lupa menghargai orang tuamu yang telah berhasil mengantarkan kalian hingga saat ini. Sebarkanlah kabar gembira ke berbagai penjuru, bahwa Unjani Yogyakarta adalah perguruan tinggi yang berkualitas, dan ajaklah adik-adikmu, saudaramu, masyarakat sekitarmu untuk mengikuti jejakmu di Unjani Yogyakarta, menjadi bagian generasi penerus Jenderal Achmad Yani”.[kpp]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.