Empat Dosen Keperawatan Unjani Yogyakarta diundang acara KAIT Symposium, Jepang

Sleman, (2018)

Suwarno, MNS selaku dosen keperawatan dan Kepala Bagian kerjasama Unjani Yogyakarta menghadiri pertemuan KAIT (Kanagawa Institute of Technology) Symposium di Kanagawa, Jepang bersama tiga dosen lainya (Ratna Lestari, M.Kep.,Sp.Kep.Kom., Dewi Utari, MNS., Anastasia Suci, MNg.). Acara symposium tersebut dilaksanakan pada tangal 4 dan 5 September 2018 dan dihadiri oleh beberapa Universitas di Dunia seperti Universitas Victoria-Canada, Cheng Kung-Taiwan, Chulalongkorn-Thailand, Kyoto-Japan, Institue of Technology Bandung-Indonesia, Yong Zou-China, KAIT, Unjani Yogyakarta dan masih banyak lainya.

Speakers of KAIT Symposium 2018, Japan

Sebanyak 20 Speakers diundang dengan jumlah peserta sebanyak 133 peserta KAIT Symposium. Dua puluh speakers termasuk dosen dari Unjani Yogyakarta yang diundang dalam kegiatan KAIT Symposium tidak dikenai biaya. Seluruh transportasi dan akomodasi ditanggung semua oleh Kanagawa Institute of Technology-Japan. Maka dari itu, empat dosen yang diundang ke KAIT symposium sangat bangga sekali karena menjadi orang terpilih yang mengikuti kegiatan KAIT symposium. Masing-masing dosen mendapatkan biaya ganti transportasi penerbangan dan visa sebesar 111.000 yen atau jika di kurs rupiah (132.75) setara dengan Rp 14.735.250,- dan mendapatkan pergantian domestik transportasi seperti bis dari bandara ke hotel dan sebaliknya untuk perorang sebesar 3.100 yen atau Rp 411.525,-. Selain itu para dosen mendapatkan free hotel untuk tempat beristirahat di Rembrand hotel, Atsugi dan free taksi untuk transportasi dari hotel menuju Kanagawa Institute of Technology. Unjani Yogyakarta salah satu Universitas yang mendapatkan kesempatan lebih besar dari Universitas lain. KAIT memberikan kesempatan empat dosen untuk hadir dalam acara KAIT symposium sedangkan dari kampus lain hanya satu dosen perwakilan. Hal ini menjadikan Unjani sebagai Universitas terpilih dan mendapatkan kesempatan lebih dari Universitas lain.

Penyerahan Plakat Unjani Yogyakarta dari Kabag Kerjasama Unjani Yogyakarta kepada Rektor Kanagawa Institute of Technology, Japan

Kegiatan KAIT symposium diawali dengan pembukaan symposium oleh Dr. Kazumi Komiya selaku Rektor dari Kanagawa Institute of Technology, foto bersama dengan seluruh peserta, sesi presentasi yang terbagi menjadi beberapa sesi; Human Media session, Health and Life Science Session, Artificial Intelligence session, Environment and Next Generation Energy Session, Environmental Analysis and Engineering Session, Environment and Education Session, Engineering and Education Session, Introduction of Engineer Educational System for Individual University, and Poster Presentation by students participant, serta welcome Party dari KAIT.

Empat dosen Program Studi Keperawatan yang diundang dalam kegiatan KAIT Symposium, Japan

Empat dosen Unjani Yogyakarta mempresentasikan hasil penelitian mereka pada sesi Health and Life Science Session dengan moderator Prof. Emiko Shibayama dan dihadiri oleh Wakil Rektor KAIT symposium, para Profesor, Dosen, Mahasiswa dari Fakultas Keperawatan Kanagawa Institute of Technology dan dari kampus lain. Pada Sesi presentasi tersebut Unjani Yogyakarta mempresentasikan terkait Pengkajian kesehatan keluarga, tugas keluarga pada pasien hipertensi, caregiver pada pasien stroke melalui Self-Help Group, dan faktor-faktor yang mempengaruhi para lansia untuk mengikuti Posyandu. Pada kesempatan tersebut terdapat Profesor yang sangat tertarik terkait geriatric nursing di Indonesia dan ada juga professor yang memperkenalkan sebuah robot untuk melakukan terapi pada lansia dan beliau tertarik untuk mengembangkan robot baru dalam penerapan pengkajian kesehatan keluarga yang dipresentasikan oleh Suwarno, MNS.

Presentasi Penelitian Dewi Utari, MNS
Presentasi Penelitian Ratna Lestari, M.Kep.,Sp.,Kep.,Kom.
Presentasi Penelitian Anastasia Suci, MNg
Presentasi Penelitian Suwarno, MNS

Perwakilan Unjani Yogyakarta selain mempresentasikan hasil penelitian, juga berkesempatan untuk mempromosikan Profil Unjani Yogyakarta pada sesi Introduction of Engineer Educational System for Individual University. Kepala bagian Kerjasama Unjani Yogyakarta memperkenalkan Unjani Yogyakarta dihadapan para peserta KAIT Symposium dan Rektor KAIT. Walaupun usia Unjani Yogyakarta masih sangat muda dan baru disetujui oleh MENRISTEKDIKTI pada 2 Februari 2018 akan tetapi Unjani Yogyakarta berusaha untuk menjadi TERDEPAN dalam segala bidang. Unjani Yogyakarta sudah melakukan kerjasama lebih dari 73 kerjasama dalam negeri dan 8 kerjasama luar negeri. Di masa yang akan datang Unjani Yogyakarta akan menambahkan relasi menjadi lebih baik lagi dengan berbagai implementasi kerjasama yang berkualitas.

Presentasi Struktur Organisasi Unjani Yogyakarta dan Yayasan Kartika Eka Paksi di KAIT Symposium 2018, Japan
Presentasi Profil Unjani Yogyakarta di KAIT Symposium 2018, Japan

Kegiatan pembukaan dan penutupan KAIT symposium dibuka dan ditutup oleh Dr. Kazumi Komiya. Beliau adalah Rektor dari Kanagawa Institute of Technology-Jepang. Rektor KAIT mengucapkan terimakasih sekali pada para peserta symposium dan memohon maaf atas cuaca yang tidak mendukung (angin topan). Akan tetapi kegiatan KAIT symposium berjalan sangat lancar dan sukses. Rektor KAIT juga menekankan bahwa KAIT dan para peserta KAIT Symposium dapat menjalin kerjasama yang mendalam untuk meningkatkan pertukaran akademik dan penelitian bersama untuk meningkatkan kualitas perguruan tinggi. (SWR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.