BEM FES Unjani Yogyakarta Selenggarakan Seminar PKM

SLEMAN – Dalam rangka merealisasikan program kerjanya untuk mendukung dan bersinergi dengan Fakultas, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Sosial Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta (BEM FES Unjani Yogyakarta) menyelenggarakan seminar sehari dengan topik Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) 5 Bidang mengambil tema “Bangkitkan Jiwa Kreatif, Inovatif, dan Semangat Berkarya menuju Pimnas 2020”. Kegiatan tersebut berlangsung di Auditorium Lt. 4 Kampus 1 Unjani Yogyakarta pada Sabtu, (04/05/2019) yang dibuka oleh Wakil Dekan I FES Unjani Yogyakarta, Adi Heryadi, S.Psi., M.Psi.,Psikolog, dengan menghadirkan Prof. Akhmad Fauzi, Ph.D., yang merupakan Anggota Dewan Eksekutif BAN PT yang juga merupakan reviewer nasional Kemenristekdikti untuk P2M dan PKM.

Dalam sambutannya, Wakil Dekan I FES Unjani Yogyakarta menyatakan akan penting dan strategisnya seminar ini dikaitkan dengan kesiapan mahasiswa untuk berpartisipasi dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) 2020 dimana batas pengiriman proposalnya pada bulan Oktober 2019 nanti. Untuk itu para mahasiswa peserta seminar ini diharapkan bisa menjadi inspirator dan motivator bagi yang lain untuk segera menyiapkan proposal PKM demi kemajuan FES pada khususnya dan Unjani Yogyakarta pada umumnya, karena partisipasi dan keberhasilan mahasiswa di PKM akan mendongkrak prestasi kemahasiswaan Unjani Yogyakarta dan secara otomatis akan mendukung pemeringkatan Unjani Yogyakarta di tingkat perguruan tinggi secara nasional.

Pada sesi pertama, Pembicara utama seminar ini yakni Prof. Akhmad Fauzi, Ph.D., membakar semangat mahasiswa untuk menunjukkan kreatifitasnya melalui PKM karena pemerintah telah menstimulasi mahasiswa dengan dana yang begitu besar melalui kegiatan PKM. Dosen Statistik yg meraih jabatan Professor pada usia 39 tahun ini juga menyatakan bahwa pemerintah melalui Kemenristekdikti sangat menghargai kreatifitas para mahasiswa, sehingga PKM itu tidak identik dengan penelitian saja, melainkan juga bisa berupa pengembangan kewirausahaan, pengabdian pada masyarakat bahkan skema terbaru termasuk membuat video kreatif juga diapresiasi.

Sementara pada sesi kedua yang menghadirkan dua Juara Pimnas ke 30 tahun 2017 dari UGM, Wahyulin Aprilia dan Juara Pimnas 31 tahun 2018 dari UNY, Fahayu Priristia.  Pada sesi ini suasana makin semarak karena para pembicara bekenan membagi kisah sukses mereka secara detail dari mulai persiapan tim, proses hingga hasil akhir yang mampu memotivasi peserta untuk semakin tertarik menyiapkan proposal PKM. Kegiatan seminar ini dihadiri lebih dari 100 peserta dari berbagai Prodi di Unjani Yogyakarta berlangsung sampai pukul 15.00 WIB ditandai dengan sesi photo bersama dan pemberian doorprize kepada para peserta yang aktif selama seminar berlangsung.[fes/kpp]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.